Pada tahun 2022, Prodi Pendidikan Geografi melaksanakan sebuah penelitian yang bermanfaat, yang dikenal dengan sebutan Penelitian Payung. Kegiatan ini berlangsung di Kecamatan Sirenja, dari bulan Juli hingga Oktober. Dalam penelitian ini, sebanyak 13 mahasiswa dan 6 dosen pendamping aktif berpartisipasi, menjadikan penelitian ini sebagai suatu wujud nyata dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Selain dari tugas mengajar dan pengabdian masyarakat, penelitian juga merupakan komitmen penting yang harus diemban oleh para dosen.
Penelitian ini juga melibatkan mahasiswa Pendidikan Geografi, yang berjumlah 13 orang, berasal dari angkatan yang berbeda, yakni angkatan 2018 dan 2019. Ini adalah langkah yang baik dalam membangun kolaborasi antara mahasiswa dari berbagai tingkat, serta membantu mereka untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam dunia penelitian geografi yang sebenarnya.
Salah satu tujuan utama dari Penelitian Payung ini adalah untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 2, yang berkaitan dengan percepatan kelulusan mahasiswa. Dalam hal ini, Ir. Rahmawati, S.Si., M.Sc. selaku ketua penelitian payung, mengungkapkan harapannya terhadap mahasiswa yang terlibat dalam penelitian. Dia berharap bahwa partisipasi mereka akan membawa kontribusi berarti dalam mempercepat kelulusan mahasiswa dan juga mendukung program studi dalam upaya penyelenggaraan riset yang berkualitas.
Lebih lanjut, Ir. Rahmawati, S.Si., M.Sc. menegaskan bahwa penelitian yang melibatkan banyak mahasiswa tidak hanya berfungsi sebagai sarana riset semata, tetapi juga sebagai bentuk perhatian dan dukungan dari program studi kepada mahasiswanya. Ini adalah tanda bahwa prodi peduli terhadap keterlibatan dan pengembangan mahasiswa di dalam lingkungan akademik.
Sebagai penutup, Ir. Rahmawati, S.Si., M.Sc. mengapresiasi semua mahasiswa yang telah terlibat dalam Penelitian Payung ini. Dia mendorong mereka untuk terus belajar, berkembang, dan mengembangkan keilmuan mereka tidak hanya di dalam kampus, tetapi juga di luar kampus. Kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam penelitian adalah langkah yang berharga dalam memajukan dunia akademik dan mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan yang lebih besar di masa depan.