Program Studi Pendidikan Geografi Menyelengarakan Seminar Nasional Secara Daring

admin No Comments 15th July 2021

Palu-  Program Studi Pendidikan Geografi menyelengarakan seminar nasional di universitas Tadulako secara daring, Rabu (14/07/2021).

Adapun seminar tersebut mengusung tema  “Literasi Geografi Kebencanaan menuju masyarakat Tangguh Bencana”   Seminar dibuka dengan sambutan dari  Dr. Iskandar, M.Hum  selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan FKIP dan   Prof. Dr  Amar ST.,  MT selaku wakil rektor bidang pengembangan dan kerjasama, dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. rer. nat. Muh. Aris Marfai, S.Si., M.Sc selaku Kepala Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia dalam  seminar itu juga hadir beberapa pimpinan BNPB se- Sulawesi tengah serta seluruh dosen pendidikan geografi Untad dan seluruh mahasiwa pendidikan geografi beserta mahasiswa di luar program studi pendidikan geografi.

Dalam sambutannya Prof Amar, mengatakan bahwa bahwa kegiatan literasi bencana sangatlah penting di abad 21 ini bagi sistem pendidikan di Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan daerah yang berada pada ring of fire dan merupakan pertemuan tiga patahan aktif dunia sehingga daerah indoneisa  rawan terjadi bencana . Pengembangan literasi kebencanaan diharapkan dapat membentuk masyarakat tangguh bencana.

sementara itu, Ketua Panitia seminar ini ibu widyastuti, S.Si., M.Si; menyebutkan bahwa acara seminar ini dihelat sebagai media untuk berdiskusi dan berbagi ilmu di bidang literasi kebencanaan mengingat daerah peristiwa pasagimo tiga tahun yang lalu.

Adapun yang menjadi perhatian dalam diskusi seminar tersebut adalah bagaimana masyarakat dapat mencapai kondisi disaster risk reduction yang bagus, setidaknya  ada dua yang harus dilakukan  yaitu ketersedian data yang valid sehingga kita dapat melakukn analisis dan kampanye kepada masyarakat dan yang kedua adalah meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga resiko dapat di kurangi. Dengan demikian dapat tercipta massyarakat tanggu bencana (Penulis Angki, Geo 2017).

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Comments