Kegiatan pelatihan asisten mata kuliah praktikum Pendidikan Geografi untuk mahasiswa semester 2, 4, dan 6. Kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium Pendidikan Geografi dan pantai Pomolulu serta asisten mahasiswa Pendidikan Geografi. Kegiatan pelatihan asisten mata kuliah praktikum Pendidikan Geografi merupakan kegiatan yang berupa pembekalan materi dan pelatihan kepada calon asisten mata kuliah praktik dengan keterampilan dan penilaian harian (tes, praktikum dan laporan), serta mengarahkan mahasiswa dan memberi contoh untuk mengimplementasikan hasil pelatihan kepada praktikan.
Acara ini dibuka oleh Kaprodi Pendidikan Geografi Iwan Alim Saputra, S.Pd.,M.Sc dan Sambutan oleh Kepala Laboratorium Pendidikan Geografi Rendra Zainal Maliki, M.Pd. Kegiatan ini lanjutkan dengan penyampaian materi dari dosen pengampu mata kuliah praktikum yaitu Ir. Rahmawati, S.Si.,M.Sc, Dr. Widyastuti, S.Si.,M.Si dan Iwan Alim Saputra, S.Pd.,M.Sc yang memberikan ilmu dan pengetahuan baru bagimana mnjadi asisten laboratorium dan tupukso asisten. Materi tersebut adalah tentang mata kuliah praktikum antara lain oceanografi, kartografi dasar, geomorfologi, hidrologi, PKL 2, geografi tanah, biogeografi, survey pemetaan dengan menggunakan drone.
Kegiatan pelatihan asisten mata kuliah praktikum diadakan rutin oleh laboratorium setiap semester. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai kompetensi dan skill yang dapat membantu dosen dalam pelaksanaan praktikum di lapangan. Selain itu, tujuan dari pelatihan asisten ini adalah para mahasiswa diberikan bekal untuk dapat membantu dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan dan praktikum baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Secara keseluruhan kegiatan pelatihan asisten mata kuliah praktikum Pendidikan Geografi ini berjalan lancar dan mencapai target keberhasilan dengan banyak peserta yang daftar dan mengikuti pelatihan ini.
Pelatihan asisten ini merupakan strategi pembelajaran atau bentuk pengajaran yang membelajarkan secara bersama-sama kemampuan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan menggunakan laboratorium. Pada ranah kognitif memperdalam/memantapkan teori, menggabungkan berbagai teori, menerapkan teori pada problema nyata, ranah afektif yaitu merencanakan kegiatan secara mandiri, bekerja sama dalam kelompok, disiplin waktu dan perilaku, bersikap jujur dan terbuka, menghargai ilmu, dan ranah psikomotor yaitu memilih dan mempersiapkan model praktikum yang baik.