Palu (22/11/2019). Program Studi Pendidikan Geografi melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) I yaitu  salah satu mata kuliah pokok bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Semester 5 Universitas Tadulako. PKL adalah salah satu mata kuliah yang merupakan sarana penting untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menjalani profesinya. Pengkajian teori di dalam kelas tidaklah cukup untuk mencapai tujuan kompetensi tersebut, maka PKL diharapkan mampu memenuhinya.

PKL bersifat outdoor dan practice. Hal ini membuat mahasiswa terjun langsung ke alam nyata yang lebih bersifat learn by adventure. Dari pengalaman langsung, tentunya mahasiswa akan lebih mengerti apa yang telah, sedang, dan akan dialaminya. Jadi, PKL mampu memberikan sumbangsih yang besar terhadap perkembangan kompetensi mahasiswa. PKL I ini lebih memusatkan pada pengenalan bentang alam. Mengidentifikasi adalah hal yang harus dipupuk melalui PKL I ini.

Pengamatan Bentang Alam oleh Mahasiswa

PKL menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya bagi mahasiswa Pendidikan Geografi guna meningkatkan pengetahuan dalam bidang ilmu Geografi yang sedang dipelajari. Isi praktikum meliputi gambaran umum mengenai letak, asal-usul, kondisi geologi, geomorfologi, iklim, penutup lahan, kandungan sumber daya alam sampai potensi wilayah dari tempat-tempat yang dikunjungi dan diteliti.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *