Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Geografi

admin No Comments 2nd October 2020

Palu 2/10/20. Program Studi Pendidikan Geografi melaksanakan webinar Kuliah Umum dengan tema “Literasi Geografi Berbasis Keruangan Untuk Penguatan Wilayah di Sulawesi Tengah” dengan pemateri oleh Kandidat Doktor Ilmu Geografi Ibu Widyastuti, S.Si.,M.Si. Kuliah Umum dilaksanakan secara daring dengan sasaran adalah mahasiswa baru PS Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako serta beberapa mahasiswa aktif dan alumni. Peserta pada kuliah umum ini diikuti sekitar 200 peserta, pungkas moderator Amalia Novarita, M.Pd.

Dalam pemaparannya Ibu Widyastuti, S.Si.,M.Si mengatakan bahwa Geograf Tadulako sebutan untuk para mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Tadulako harus memiliki 90% karakter, moral dan pekerti yang baik, 85% memahami materi, konsep, prinsip dan pendekatan geografi, 80% literasi geografi baik, 75% melek teknologi, dan 70% Softskill penunjang kemandirian.

Pemateri juga menjelaskan bahwa literasi atau budaya membaca mahasiswa masih kurang. Penjelasan tersebut diambil dari data UNESCO yang mengatakan minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. Untuk itu pemateri mengajak kepada semua mahasiswa untuk meningkatkan literasi kaitannya dengan literasi  geografi.

Literasi geografi merupakan kemampuan seseorang dalam memahami ke-geografi-an (obyek, lokasi, hubungan, sebaran dan keterkaitannya) yang dapat menumbuhkan sikap peka pada diri dan lingkungan untuk memecahkan masalah serta mengambil keputusan dalam konteks GEOGRAFI, jelas Ibu Widyastuti, S.Si.,M.Si.

Di samping itu, perlunya mahasiswa PS Pendidikan Geografi untuk berpikir secara spasial/ Spatial Thinking guna menghadapi era industri 4.0. Di masa mendatang tren perkembangan teknologi informasi geospasial semakin  penting sehingga menjadi peluang bagi mahasiswa Pendidikan Geografi untuk ikut andil didalamnya.

Ibu Widyastuti, S.Si.,M.Si memberikan penjelasan materi

 Mahasiswa sedang mendengarkan pemaparan dari pemateri

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Comments